Lima Manfaat Jahe Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Orang Tahu

DEPOSTJATENG.COM – Tidak menjadi rahasia lagi jika Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah-rempah.

Salah satunya jahe, jahe adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat.

Jahe merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman jahe ini kemudian menyebar ke berbagai negara. Terkenal karena aromanya yang khas, jahe dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif di Cina, India, hingga Timur Tengah

Kebanyakan orang menganggap jahe hanya untuk menghangatkan tubuh saja.

Padahal masih banyak lagi manfaat jahe bagi kesehatan bahkan sampai penyakit kronis.

Berikut 5 manfaat jahe bagi kesehatan yang belum banyak orang tahu yang telah dirangkum oleh dari berbagai sumber :

1. Melindungi Dari Penyakit Kanker

Kandungan gingerol pada jahe berperan dalam mencegah kanker dalam tubuh dan juga memberikan rasa jahe yang unik. Pada percobaan yang dilakukan oleh University of Minnesota sekelompok tikus yang diberi gingerol terdapat 4 tikus yang mengalami tumor usus besar, sementara pada kelompok yang tidak diberi gingerol terdapat 13 tikus yang mengalami pertumbuhan tumor.

Sampai pada hari ke 49 penelitian, seluruh tikus yang tidak diberi gingerol akhirnya disuntik mati karena pertumbuhan tumornya sudah terlalu besar, sementara pada tikus yang diberi gingerol ukuran tumornya setengah dari ukuran tikus yang disuntik mati.

2. Mencegah Penyakit Kulit

Mengonsumsi jahe dapat Memicu keluarnya keringat. Berkeringat juga ternyata dapat melindungi Anda dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Para ahli meneliti sejenis protein yang disebut dermicidin, diproduksi pada kelenjar keringat dan berfungsi melindungi tubuh dari bakteri seperti E. coli, staphylococcus aureus, serta jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

3. Meningkatkan Kesuburan Pria

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Inilah Alasan Jangan Memegang Kucing di Bagian Tengkuk

Buat kaum laki laki yang merasa tingkat kesuburannya kurang, kalian bisa mencoba untuk mengonsumsi jahe. Jahe dipercaya dapat meningkatkan jumlah hormon testosteron yang dapat meningkatkan kesuburan pria.