MotoGP, 75 Tahun dan 3.392 Balapan GP Kemudian

DEPOSTJATENG.COM – Para pembalap yang berbaris di Glencrutchery Road itu tidak menyadari apa yang akan terjadi.

Mengutip dari laman resmi MotoGP, tak hanya dalam pertarungan mereka selama tujuh lap yang berliku-liku di sirkuit TT Mountain sepanjang 60,721 km, tetapi juga selama 75 tahun berikutnya. Saat itu adalah pagi yang menyenangkan, untungnya cuaca kering dan cerah di Isle of Man ketika bendera Manx diturunkan tepat pukul 11 ​​pagi pada hari Senin, tanggal 13 Juni 1949.

Kejuaraan Dunia Sepeda Motor pun lahir. Empat ratus empat puluh tujuh kilometer kemudian Freddie Frith mengibarkan bendera kotak-kotak, mengendarai Velocette 350cc miliknya untuk menjadi pemenang pertama Kejuaraan Dunia. Tujuh puluh lima tahun dan 3.392 balapan Grand Prix kemudian, Kejuaraan Dunia itu terus berkembang pesat di dunia yang sangat berbeda.

Pada perayaan ulang tahun MotoGP™ ke-75 di Silverstone, sebanyak 11 tim di grid akan membalap dengan livery vintage dan event akan diungkap secara LANGSUNG.

Hanya empat tahun setelah berakhirnya Perang Dunia II, FIM meluncurkan Kejuaraan Dunia Motorsport yang pertama. Kejuaraan enam putaran itu terbuka untuk mesin 125cc, 250cc, 350cc, dan 500cc serta sidecar. Enam tempat di Eropa yang dipilih adalah Isle of Man, Berne, Swiss; Assen, Belanda; Spa-Francorchamps, Belgia; Clady di Ulster; Irlandia Utara dan Monza, Italia. Itu adalah proyek yang luar biasa berani untuk dimulai segera setelah berakhirnya perang. Namun, itu membentuk fondasi yang sangat kokoh dari apa yang kita saksikan hari ini. Tiga perempat abad kemudian, Kejuaraan Dunia MotoGP™ terdiri dari 20 putaran di 16 negara berbeda dan empat benua terpisah.

Banyak hal telah terjadi dalam 75 tahun, baik di dunia maupun di lintasan balap. Telah ada 3.392 balapan Grand Prix di kelas 50cc, 80cc, 125cc, 250cc, 350cc, dan 500cc. Tiga puluh satu negara telah menggelar Grand Prix. Tujuh puluh lima sirkuit telah menjadi tuan rumah Grand Prix selama kurun waktu tersebut.

BACA JUGA :  MotoGP Mandalika 2023, Maverick Vinales, Dulu Pinjam Seratus, Sekarang Minta Diajaran Sepuh

Beberapa sirkuit seperti Brno, Sachsenring, dan Nurburgring telah beralih dari sirkuit jalan raya ke trek yang dibangun khusus.

Assen di Belanda adalah satu-satunya sirkuit yang tersisa dari jadwal lomba 1949 yang menjadi tuan rumah Grand Prix setiap musim, selain 2020 yang dibatalkan karena pandemi Covid.

Lebih dari 6.000 pembalap telah mengikuti Kejuaraan Dunia. Mereka telah mewakili 62 negara berbeda yang berkompetisi dalam Kejuaraan yang benar-benar meliputi Dunia. Dari 6.000 pembalap tersebut, hanya 399 pembalap berbeda yang berdiri di podium teratas sebagai pemenang balapan. Seratus dua puluh enam pembalap telah dinobatkan sebagai Juara Dunia yang mewakili dua puluh satu negara berbeda.