10 Oleh – Oleh Khas Jawa Tengah yang Wajib Kalian Beli

DEPOSTJATENG – Sama dengan beberapa daerah yang lainnya setiap daerah pasti mempunyai oleh-oleh khas yang menarim dan sejumlah tempat wisata yang menarik. Jika kalian ingin bingung inigin berlibur panjang mau kemana maka kalian bisa mengunjungi Jawa Tengah karena disini terdapat banyak wisata, sejarah hingga oleh olehnya yang banyak.

Jika kita sudah berlibur dan ingin kembali ke kota sala kita maka biasanya kita akan membawa buah tangan atau oleh-oleh buat orang rumah sebagai kenang-kenangan, dan hamper setiap daerah di jawa tengah memiliki oleh-oleh khas masing-masing.

Oleh-oleh biasanya berupa makanan atau berupa barang , dan jika kalian memoir ke jawa tengah sebaiknya kalian membelikan orang terdekat , keluarga atau orang terkasih untuk di belikan oleh-oleh.

Ada beberapa oleh-oleh yang wajib kalian bawa jika kalian pergi k jawa  tengah :

1.            Sale pisang

Sale adalah makanan ringan yang berasal dari pisang dan memiliki rasa cita yang  manos, makanan ini berasal dari Desa Mangli, Kebumen. Buah pisang ini di iris lalu di keringkan dengan cara di jemur dengan sinar matahari, karena juka di jemur dengan sinar matahi maka pisang tersebut awet muda dan tahan lama, dan setelah di jemur pisang ini akan dibalut oleh tepung lalu di goring mengguanakan minyak yang tidak terlalu panas.

2.            Rengginang

Ternyata rengginang ini termasuk salah satu makanan khas jawa tengah, cemilan ini biasanya menjadi meu utama pada saat hari  raya idul fitri atau berbagai acara hajatan, kalian bisa menemukan makana ini di kotta kudus dan sekitarnya, karena ke populerannya makan ini menjadi salah satu oleh-oleh khas jawa tengah yang biasa di beli oleh wisatawan.

BACA JUGA :  Pemkab Klaten Beri Penghargaan Atlet Berprestasi 2023

3.            Telur asin

Makanan ini merupakan telur bebek yang memiliki cita rasa yang asin. Rasa asin dari telur bebek tersebut berasal dari garam. Cara membuatnya sendiri cukup lama, bahkan bisa sampai enam minggu jika ingin mendapatkan rasa yang lebih asin. khususnya Brebes, wajib sekali untuk membawa pulang telur asin sebagai oleh-oleh. Telur asin banyak dijumpai dengan mudah di jalur Jakarta-Jawa yaitu Pantai Utara atau Pantura.

4.            Intip Mini

 Makanan yang satu ini merupakan jajanan tradisional yang berasal dari daerah Sragen. Intip mini terbuat dari kerak nasi yang diolah dengan resep khusus. Sekilas makanan ini mirip dengan kerak telur yang menjadi makanan khas Jakarta. Namun, intip mini memiliki cita rasa yang lebih manis.