Tindaklanjuti Kisah Kaswiyah, Pemprov Bawa ke Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia

DEPOSTJATENG (SEMARANG) – Kisah Kaswiyah (79), warga Desa Karangmalang, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, yang tinggal seorang diri di rumah tak layak huni, belakangan ramai dibicarakan di berbagai media. Menyikapi hal itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah turun tangan, dengan membawanya ke Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Klampok.

Dilansir dari Jatengprov.go.id Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Imam Maskur mengatakan, Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana memberikan instruksi, untuk segera melakukan asesmen setelah mendapatkan informasi tentang kondisi Kaswiyah.

“Sudah kami tindaklanjuti, kemarin sore petugas Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Klampok sudah menjemput yang bersangkutan untuk ditempatkan di panti kami,” kata Imam, saat dikonfirmasi, Rabu (10/1/2024).

Dia mengungkapkan, hari ini timnya juga menemui Kaswiyah untuk memberikan bantuan uang tunai.  Dari asesmen awal yang dilakukan petugas, diketahui Kaswiyah merupakan warga asli Desa Karangmalang, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes. Sejak usia muda yang bersangkutan merantau ke Jakarta, dan kembali ke Brebes setelah suaminya meninggal dunia.

Selama ini Kaswiyah belum memiliki kartu tanda penduduk (KTP), karena selama di Jakarta tidak pernah mengurus kartu kependudukan. Beberapa tahun terakhir, Kaswiyah juga dalam kondisi sakit.

BACA JUGA :  Songsong 2024, Pemprov Jateng Tekankan Gotong Royong Atasi Kemiskinan