5 Cara yang Bisa Mencegah Depresi dan Stres yang Berlebih

POSTJATENG.COM – Depresi dan stress yang biasa dirasakan oleh setiap orang akan sangat mengganggu aktivitas setiap hari.

Sebagaian orang merasakan stres bisa menjadi acuan agar cepat mengerjakan sesuatu. Tetapi, stres juga bisa berdampak negatif bila sering terjadi berkepanjangan atau dibiarkan tanpa penanganan.

Banyak sekali masalah kesehatan yang berhubungan dengan stress. Stres tampaknya memperburuk atau meningkatkan risiko kondisi seperti obesitas, penyakit jantung, atau masalah pencernaan dan asma.

Mengutip dari berbagai sumber, agar stres tidak makin berat atau menimbulkan masalah kesehatan, penting bagi setiap orang untuk bisa mengurangi dan mengendalikan stres dengan baik.

Namun tidak usah khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasi stress dan depresi yang berlebihan, simak ini dia penjelasannya berikut ini.

–              Hadapi ketakutan

Jangan menghindari hal yang menurut kamu sulit. Saat orang merasa sedih atau cemas, terkadang mereka menghindari berbicara dengan orang lain.

Beberapa kemungkinan kehilangan keprecayaan diri saat pergi keluar. Hal ini sering terjadi makan kamu akan merasa lebih tidak percaya diri yang mengakibatkan kamu stres.

Maka langkah yang paling tepat adalah tetap menghadapi dan lawan ketakutan dlam diri sendiri.

–              Tetapkan tujuan

Saat kamu sedang cemas atau depresi, kamu mungkin merasa tidak mempercayai apapun sehingga membuat kamu merasa lebih buruk tentang diri sendiri. Untuk melawan rasa itu tetapkan tujuan harian untuk diri sendiri sehingga kamu bisa terus bersemangat untuk meraih tujuan yang sudah direncanakan.

BACA JUGA :  Alasan Beras Harus Dicuci Terlebih Dahulu Sebelum Dimasak