Oleh – oleh Jawa barat yang Wajib Kalian Beli Untuk Keluarga atau Kerabat Kalian.

DEPOSTJATENG – Jawa Barat memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. Dan Sudah tidak menjadi rahasia umum jika jawa barat menjadi sasaran kuliner yang paling banyak di minati oleh warga asing atau wisatawan, karena tidak hanya menyajikan berbagai hidangan khas berupa masakan, namun juga aneka cemilan, kue dan juga minuman yang sangat beragam. Dan jawa bawar juga memiliki oleh –oleh khas yang wajib kalian beli , Jangan lupa untuk membeli jajanan berikut saat kalian berkunjung ke jawa barat :

1.            Dodol garut

Dodol Garut ini terbuat dari parutan kelapa yang dicampur dengan tepung ketan dan gula merah dengan bentuk balok memanjang dan warna-warni. Dodol Garut ini jenis camilan yang bisa Anda nikmati kapan saja baik itu pagi, siang, sore atau malam dan makanan ini bisa cukup bertahan lama.

2.            Dorokdok

Makanan ini merupakan kerupuk gurih dan asin dengan menggunakan kulit sapi atau kerbau sebagai bahan utamanya. Untuk varian rasanya ada rasa original dan juga pedas. Rasa pedas ini berasal dari bumbu cabai pedas pada saat proses pengolahan, kalian bisa menikmati makanan ini menjadi sebuah cemilan atau menjadi teman nasi karena rasanya yang sangat enak, dan tahan lama juga.

3.            Macaroni panggang

Makanan ini merupakan makanan  salah satu oleh oleh khas Jawa Barat yang tidak boleh ketinggalan dengan porsi yang sangat besar di tambah dengan beberaoa isian yang sangat banyak menjadi salah satu ciri khas dari makanan ini yang bisa dijadikan cemilan atau makanan besar. Ada yang menyajikan menu khas ini dengan isian berupa bumbu rempah, daging ayam atau daging sapi. Untuk bagian atas atau toppingnya berupa daun bawang, keju dan bisa juga tambah mayonaise.

BACA JUGA :  Perkiraan Cuaca Bandung dan Sekitarnya Hari Ini, 11 September 2023

4.            Tahu sumedang

Makanan ini sudah menjadi makanan legendaris dan ada di mana-mana seperti pada umumnya yakni berasal dari kacang kedelai. Hanya saja, tahu Sumedang biasanya memiliki rongga di bagian tengah. Adapun di bagian luar kering dan gurih.namun kalian akan merasakan nikmat nya jika kalian memakannya pada saat masih panas dan di tambah dengan cabe rawit pedas.

5.            Peuyeum

Makanan ini berbahan dasar singkong yang sudah mengalami proses fermentasi. Mulanya, rebus singkong sampai tekstur lembut kemudian tabur atau tambahkan ragi. Setelah itu biarkan proses fermentasi bekerja. Makanan ini sangat terkenal dengan cita rasanya yang khas antara manis dan sedikit asam.