Bagi Para Fresh graduate yang ingin bekerja ada 5 point penting yang wajib ada di portofolio

DEPOSTJATENG – Bagi para lulusan baru atau fresh graduate mungkin skearang sangat sulit untuk mencari pekerjaan namun pasti yang harus kalian perhatikan apa saja yang harus kalian siapkan sebelum melamar kerja, dan biasanya menyusun portofolio sebelum melamar pekerjaan adalah langkah kunci dalam mempersiapkan diri untuk sukses di dunia professional, karena dalam pencariaan kerja yang ketat maka calon pekerja harus mendapatkan perhatian perekrut melalui resume atau potofolio.

Dan inlah beberapa informasi penting yang wajib ada di dalam portofolio sebelum kalian melamar pekerjaan :

1.            Latar belakang pendidikan

Kalian bisa menambahkan latar belakang pendidikan kalian dalam portofolio dengan gambaran yang singkat tentang kualifikasi dan tingkat pendidikan , hal ini mencangkup gelar, jurusan, nama sekolah, lokasi, tanggal kelulusan, penghargaan akademik, prestasi.

2.            Pengalaman pekerjaan

Bagi kalian yang sudah pernah bekerja maka sebaiknya kalian memasukan pengalaman kerja kalian yang terbaik dan pencapaian apa saja yang telah kalian capai pada sebelumnya, dan jika bisa kalian sampaikan sampel – sampel yang paling relevan dengan pekerjaan yang akan kalian lamar , contohnya design : sertakan desain-desain terbaik yang menunjukan bahwa itu adalah keahlianmu dalam menggunakan alat desain.

3.            Statistic dan data kerja

Jika kalian bisa memilih angka atau data yang menunjukan pencapaian kalian , maka sperti pertumbuhan penjualan di perushaaan yang sebelumnya atau peningkatan viewers social media, sesuai dengan posisi yang dahulu maka kalian bisa menambahkannya, karena data ini akan menjadi bukti pendukung prestasi kalian sebelumnya.

4.           Sertifikat

Jika kamu memiliki sertifikat atau lisensi yang relevan dengan posisi yang dilamar, sertakan salinan atau referensi ke sertifikat tersebut. Sertifikasi dan lisensi ini dapat ditujukan kepada perusahaan dan menambah nilai lebih pada posisi yang akan dilamar. Karena ini akan menunjukan jika kalian memiliki kualifikasi untuk pekerjaan tersebut, dan tentu saja hal ini akan membantu kalian dalam mencari pekerjaan.

BACA JUGA :  Smartwatch Termurah di Tahun 2023

5.            Rekomendasi

Kalian bisa memasukan rekomendasi yang mendukung dalam portofolio kalian, karena rekomendasi dari atasan , kolega atau klien maka akan memberikan konkret tentang kemampuan dan karakter kalian, namun kalian juga sebelumnya harus mendapatkan ixin dari orang tersebut untuk memberikan rekomendasi dan di cantumkan dalam portofolio.

Itulah beberapa hal yang bisa kalian tambahkan atau kalian perhatikan dalam portofolio kalian, semoga sukses dan tidak pantang menyerah dalam melamar pekerjaan.(EricaRF)