Siger Pegantin Jawa yang Sering Digunakan

Siger pengantin Jawa tidak hanya digunakan hanya untuk hiasan semata, siger secara umum memiliki makna sebagai simbol khas dari pernikahan adat. Ia juga menjadi lambang feminimitas yang dimiliki oleh perempuan, mengangkat kehormatan wanita dalam rumah tangga, dan sebagai tanda bahwa perempuan adalah ratu rumah tangga.

Fungsi singer juga Tidak hanya sebagai mahkota pengantin, melainkan sebagai benda perhiasan yang dipakai sehari-hari. Saat ini penggunaan siger bukan hanya sebagai lambang kejayaan dan kekayaan.

Nama mahkota Jawa tengah juga Sebutan lain untuk mahkota dewa cukup banyak, ada yang menyebutnya pusaka dewa, derajat, mahkota ratu, mahkota raja, trimahkota. Di Jawa Tengah, orang menyebutnya dengan nama makuto mewo, makuto rojo, atau makuto ratu.

Cunduk mentul merupakan nama mahkota pernikahan adat dari suku Jawa. Cunduk mentul sebenarnya merupakan kembang goyang yang ditusukkan pada sanggul penganti. Terdapat tujuh buah cunduk mentul yang memiliki makna pertolongan dari Yang Maha Kuasa.

Siger pengantin merupakan perhiasan kepala khas Indonesia (yang lazimnya dikenakan oleh wanita) yang umumnya dibuat dari bahan logam (emas, perak, tembaga, kuningan, dsb), berbentuk melekuk dan terkadang menyerupai fauna (terutama kerbau dan burung), dan terkadang dihiasi dengan batu permata.

Sering kali pernikahan mengangkat tema atau konsep sesuai dengan adat pengantin, seperti adat dari Jawa. Dalam pernikahan adat Jawa, sangat terkenal dengan gaya makeup pengantin yang disebut dengan paes ageng. Riasan pengantin yang menggunakan paes ageng memiliki makna yang sakral, karena paes ageng mengandung filosofi dan doa-doa bagi mempelai yang memakainya

Sering kali pernikahan mengangkat tema atau konsep sesuai dengan adat pengantin, seperti adat dari Jawa. Dalam pernikahan adat Jawa, sangat terkenal dengan gaya makeup pengantin yang disebut dengan paes ageng. Riasan pengantin yang menggunakan paes ageng memiliki makna yang sakral, karena paes ageng mengandung filosofi dan doa-doa bagi mempelai yang memakainya. (EricaRf)

BACA JUGA :  Inilah 4 Hal yang Sebaiknya di Lakukan Setelah Putus Cinta