Alasan Beras Harus Dicuci Terlebih Dahulu Sebelum Dimasak

Di Indonesia hampir seluruh penduduknya mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Bahkan, orang Indonesia merasa belum makan jika belum mengonsumsi nasi.
Kalau mengetahui proses pengolahan padi menjadi beras, maka pertanyaan ini ngga akan muncul. Beras yang terlihat putih itu sebetulnya ngga bisa dibilang bersih. Padi dipanen dan batang padinya diletakkan di pematang sawah, terkadang dialasi plastik terpal, terkadang tidak.
Proses selanjutnya adalah merontokkan bulir padi, bisa secara manual atau menggunakan mesin, dan dikarungi untuk dijemur.
Proses penjemuran gabah biasa dilakukan di atas terpal di pinggir jalan, atau di halaman berlantai semen. Gabah dibalik dengan menggunakan garukan secara berkala agar kering ring ring. Baru kemudian dibawa ke penggilingan padi untuk diproses pemecahan kulit gabah.
Gabah yang dijemur terkena debu dari mana-mana, termasuk asap truk dan debu yang lewat. Proses pemecahan kulit gabah memerlukan beberapa kali keluar masuk mesin penggilingan padi.
Kulit gabah pecah, kemudian terbuka sedikit sedikit sampai pecah semua kulitnya dan berbentuk beras tanpa cangkang. Jadi beras yang putih itu sebelumnya bersentuhan dengan kulit gabah yang baru terbuka sebagian.

BACA JUGA :  5 Manfaat Coklat yang Harus Kamu Ketahui