Hal yang Harus Dihindari Ketika Mengalami Asam Lambung

Rasa mulas dan sensasi terbakar di dada menandai anda mempunyai penyakit asam lambung. Cairan asam dalam lambung akan naik menuju ke tenggorokan dan menimbulkan rasa pahit di dalam mulut.
Asam lambung dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak anak ataupun orang dewasa.
Sebenernya apa yang menimbulkan penyakit asam lambung naik? Menurut American College of Gastroenterology asam lambung diperlakukan untuk memecah makanan yang dicerna tubuh.
Gunanya menjaga asam lambung tetap berada di dalam perut, ada cincin otot yang melingkar di dasar tabung kerongkongan.
Cincin otot yang biasa disebut dengan sfingter esophagus bagian bawah.
Bagaimananya cara mengatasi penyakit asam lambung? Ada beberapa cara untuk mengobati penyakit asam lambung termasuk juga mengurangi sensasi terbakar di area dada.

  1. Prokinetik
    Obat prokinetik biasanya hanya di jual dengan resep dokter. Prokinetik dapat sangat membantu asam lambung cepet turun, dan sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat prokinetik.
  2. Menggunakan pakaian yang longgar
    Menggunakan pakaian yang longgar agar tidak menekan bagian perut biasanya pakaian yang menekan perut atau mungkin ketatnya ikat pinggang dapat berpengaruh terhadap gejala asam lambung.
  3. Menjaga berat badan ideal
    Menjaga berat badan sangat penting. Kelebihan berat badan dapat memberi tekanan esktra kepada perut dan meningkatkan resiko refluks asam lambung.
    Cukup mudah untuk mendapatkan berat badan yang ideal cukup menyeimbangkan pola makan dan melakukan aktivitas fisik 150 menit per minggu.
  4. Mengurangi stres
    Stres berlebihan sangat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, karena dapat memperlambat percernaan dan membuat percernaan lebih sensitif terhadap rasa sakit.
    Semakin lama makanan berada di perut, semakin besar kemungkinan asal lambung mengalami refleks.
  5. Berhenti merokok
    Keseringan merokok juga daoat mengurangi jumlah air liur yang dihasilkan dan berdampak pada efektivitas katup, yang berguna untuk mencegah asam lambung masuk ke kerongkongan dan memungkinkan rasa mulas muncul.
    Penyakit asam lambung seringkali ditandai dengan rasa mulas dan sensasi terbakar di dalam perut.
    Dan ketika asam lambung sedang naik sebaiknya langsung di obatii dan jangan di diamin begitu saja. (wdyqrrtlan)
BACA JUGA :  Olahraga Ringan Ini Cocok untuk Pengidap Gagal Ginjal