Wajib Tahu! Inilah Alasan Jangan Memegang Kucing di Bagian Tengkuk

Memegang tengkuk kucing saat akan mengangkatnya mirip dengan cara yang dilakukan induk kucing untuk menggendong anak kucing. Namun, cara itu ternyata tidaklah aman.
Sebagian besar hewan peliharaan yang dipegang bagian tengkuknya bisa mengalami ketakutan dan kecemasan. Ada berbagai cara mencengkeram kulit leher atau tengkuk kucing, mulai dari mencengkeram dengan lembut hingga menggenggam lipatan kulit leher yang banyak disertai tekanan yang berbeda-beda.
Kita sering melihat anak kucing akan menjadi lemas ketika induk kucing menggendong anak kucing itu dengan menggigit tengkuknya.
Dari situlah, kita pun beranggapan bahwa mencengkeram kulit yang mengendur di bagian tengkuk kucing akan memicu respons yang sama. Sayangnya, cara ini tidaklah tepat.
“Tidak ada tombol ajaib yang membuat kucing lemas pada bagian tengkuk hewan itu, dan analogi induk kucing yang menggendong anak kucing tidaklah akurat,” kata ahli perilaku hewan Dr Lore Haug.
Anak kucing yang digendong induk kucing menjadi lemas karena refleks fleksor. Refleks ini hanya muncul selama beberapa minggu pertama setelah anak kucing lahir.
Lahir Induk kucing menggendong anak kucing dengan menggigit bagian tengkuk untuk memindahkan anak kucing itu dari satu tempat ke tempat lain, bukan untuk “menghukum” anaknya seperti mitos yang beredar selama ini.
Induk kucing juga mengetahui tekanan yang tepat saat mengangkat anak kucing di bagian tengkuk, karena kucing memiliki sensor tekanan di bagian gigi. Sedangkan kita sebagai manusia, bukanlah seekor kucing yang dibekali kemampuan untuk mengetahui sensor tekanan tersebut.

BACA JUGA :  4 Perawatan Bibir yang Bisa Kamu Coba Lakukan di Rumah