Pabrikan VinFast Masuk Daftar Perusahaan Paling Berpengaruh versi TIME100 Kategori Disruptors

DEPOSTJATENG.COM – VinFast baru saja masuk ke dalam daftar “Most Influential Companies” atau perusahaan paling berpengaruh versi TIME100 tahun 2024. TIME secara khusus menyoroti VinFast sebagai salah satu perusahaan yang dianggap memberikan pengaruh dalam menciptakan disrupsi, sekaligus mengapresiasi perusahaan yang mengalami pertumbuhan cepat melalui inovasi yang dilakukan oleh perusahaan mobil listrik asal Vietnam tersebut.

Hamparan pohon mangga dan kelapa di pinggir Delta Sungai Merah di Vietnam bagian utara menjadi saksi bisu berdirinya kompleks pabrik yang menjawantahkan sebuah visi perusahaan produsen mobil Vietnam bernama VinFast. Kemegahan kompleks pabrik ini menjadi perwujudan ambisi VinFast sebagai “disruptor” dalam industri kendaraan listrik yang akan menggoyang para raksasa otomotif.

Selama lima tahun beroperasi, akhirnya VinFast masuk dalam daftar “Most Influential Companies” versi TIME100. Penghargaan ini membuat VinFast setara dengan perusahaan bergengsi seperti Google, Microsoft, Amazon, dan TikTok, dan perusahaan otomotif terkemuka seperti BMW dan Toyota. Startup disruptor seperti OpenAI dan Anthropic juga mengapresiasi VinFast atas penghargaan yang didapatkan.

TIME menobatkan VinFast sebagai “disruptor”, karena TIME mengakui dampak yang diberikan perusahaan kepada pasar melalui model bisnis yang inovatif dan belum pernah ada sebelumnya. TIME juga menyoroti adanya kontribusi VinFast dalam industri kendaraan listrik, atau disebut EV splash.

VinFast Masuk Daftar Perusahaan Bergengsi versi TIME

Didirikan pada tahun 1889 dan berpusat di New York, majalah TIME memiliki pengaruh besar secara global. Selama lebih dari satu abad, cakupan publikasi TIME telah mencapai semua benua, dan memiliki penghargaan terhormat di dunia.  Dibuat pertama kali pada 2021, daftar TIME100, secara khusus mengakui 100 perusahaan paling berpengaruh di berbagai sektor seperti teknologi, kesehatan, transportasi, dan energi. Masuk dalam daftar ini menandakan pencapaian yang signifikan bagi setiap perusahaan.

BACA JUGA :  Untuk Wajah Lebih Glowing dan Putih, Sebaiknya Kalian Menggunakan ini Sebelum Tidur

Proses seleksi ketat TIME melibatkan tinjauan editorial, kontribusi dari wartawan global, dan konsultasi dengan para ahli eksternal. Perusahaan yang masuk dalam daftar ini menunjukkan aspek luar biasa dalam hal kemampuan, dampak pasar, kreativitas, ambisi, dan catatan kinerja yang terbukti sukses.

VinFast secara khusus dikategorikan sebagai “disruptor” karena telah memperkenalkan metode atau teknologi inovatif yang memberikan dampak secara signifikan  di seluruh bidang terkait . Pengakuan ini mengakui dampak perusahaan Vietnam ini pada industri otomotif dengan menantang model bisnis tradisional.

Dr. Tran Dinh Thien, pengamat ekonomi dan juga mantan Direktur Institut Ekonomi Vietnam menjelaskan lebih dalam tentang inklusivitas VinFast dalam kategori “disruptor” majalah TIME, menyoroti signifikansinya pada berbagai tingkatan. “Pertama, ini merupakan terobosan bagi perusahaan dari negara berkembang untuk mencapai panggung global. Kedua, pilihan VinFast untuk fokus pada kendaraan listrik, teknologi yang menantang, dan itu sendiri adalah ebuah terobosan,” jelas Dr. Thien.

Lebih lanjut, Dr. Thien juga menekankan kesuksesan VinFast dalam pasar yang kompetitif dengan produk mobil listrik premium. “Keberanian dan kemauan untuk menghadapi tantangan adalah hal yang mendefinisikan terobosan sejati; sesuatu yang tidak semua perusahaan berani coba,” ujar Dr. Thien.

Melihat lebih jauh dari pencapaian khusus VinFast ini, Dr. Thien percaya perjalanan perusahaan ini akan menjadi inspirasi bagi dunia. “Kisah sukses VinFast akan mendorong dan memberdayakan visi bisnis baru kami secara global,” katanya. “Selain itu, VinFast yang berasal dari negara berkembang seperti Vietnam,  akan memotivasi  negara berkembang lainnyauntuk lebih berani  bertumbuh di tengah kompetisi yang sangat ketat.”

Kecepatan Laju VinFast

Pakar ekonomi Vietnam, Pham Chi Lan, menekankan signifikansi historis dari pengakuan VinFast. “Pencapaian ini bahkan lebih luar biasa mengingat kondisi global saat ini – fluktuasi pasar yang intens dan persaingan sengit di berbagai industri, terutama sektor kendaraan listrik,” tutur Lan.

BACA JUGA :  Hati-hati! Cuaca Panas Ekstrem Bisa Mengakibatkan Heatstroke

“Ketika TIME mengunjungi pabrik mobil listrik VinFast di Vietnam Utara pada 2022, Google Maps masih menampilkan setengah situs pabrik sebagai bagian dari Laut China Selatan; lahan tersebut telah direklamasi dan pabrik telah beroperasi hanya dalam waktu 21 bulan,” kata TIME.