Cara Mengatasi Badan Meriang Pegal Linu dan Kenali Penyebabnya !

DEPOSTJATENG – Badan pegal-pegal adalah gejala gangguan kesehatan yang lazim terjadi. Namun, terlepas dari kelaziman itu, penting untuk memahami kenapa badan terasa pegal linu.
Penyebab tubuh Anda mengalami pegal dan linu tentu bervariasi. Bahkan, pegal dan linu pada area tubuh yang berbeda mungkin disebabkan oleh hal yang berbeda pula.
Berikut merupakan beberapa kondisi yang dikutip dari hallosehat.com yang mungkin menjadi penyebab tubuh Anda mengalami pegal linu.

  • Cedera otot
    Keseleo atau cedera otot yang menyerang tendon atau ligamen biasanya menyerang area kaki. Kondisi ini bisa menjadi penyebab pegal dan linu.
    Tingkat keparahannya bervariasi, ada otot yang hanya meregang, tapi ada juga yang sampai robek sebagian maupun seluruhnya.
    Biasanya, keseleo terjadi karena jatuh, pergerakan memutar yang tak disengaja, atau cedera saat berolahraga.
  • Aktivitas fisik yang berlebihan
    Olahraga memang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, saat Anda melakukannya secara berlebihan, kegiatan ini justru berpotensi menyebabkan pegal linu.
    Hal ini juga bisa terjadi apabila Anda melakukan pekerjaan yang memaksa tubuh melakukan aktivitas fisik yang berat. Apalagi, jika Anda melakukan gerakan yang sama berulang kali secara ekstrem.
  • Postur tubuh yang buruk
    Dalam kegiatan sehari-hari, ada aktivitas yang mungkin tanpa disadari membuat Anda mempraktikkan postur tubuh yang buruk. Padahal, kebiasaan ini dapat memberikan tekanan pada otot tertentu sehingga tubuh mengalami pegal linu.
    Sebagai contoh, kebiasaan duduk dengan punggung membungkuk ke depan atau kebiasaan berdiri dengan bertumpu pada salah satu kaki saja bisa menimbulkan rasa pegal dan linu.
    Untuk menghindari kondisi ini, penting bagi Anda untuk selalu mempraktikkan postur tubuh yang baik.
  • Stres
    Baik stres fisik maupun mental, keduanya sama-sama memicu tekanan pada otot-otot dalam tubuh. Tanpa disadari, tubuh Anda akan secara tiba-tiba (refleks) melindungi tubuh dari cedera maupun rasa sakit.
    Hal tersebut bisa menyebabkan otot menjadi tegang sehingga rasa pegal pun muncul. Akan tetapi, setelah stres mereda, perlahan rasa pegal dan linu pun hilang.
  • Posisi yang tidak tepat saat berhubungan seks
    Salah satu penyebab pegal dan linu ialah hubungan seksual dengan posisi yang salah. Posisi seks yang tidak nyaman dapat menekan otot-otot pada bagian tubuh tertentu sehingga menyebabkan pegal-pegal.
    Salah satu contohnya yaitu posisi bercinta yang mengharuskan Anda atau pasangan menekukkan badan, menggantung kaki, atau mengangkat kaki.
    Ditambah lagi, terlalu lama mempraktikkan gaya seks tertentu juga bisa bikin badan pegal-pegal.
  • Masalah kesehatan lain
    Selain beberapa penyebab yang telah disebutkan, ada pula masalah kesehatan lain yang bisa menyebabkan pegal linu, di antaranya:
BACA JUGA :  Hal yang Harus Dihindari Ketika Mengalami Asam Lambung