Waspadalah! Cuaca Panas Ekstrem Bisa Mengakibatkan Heatstroke

Indonesia saat ini sedang dilanda musim kemarau panjang yang diperkirakan masih akan terjadi hingga akhir tahun.


Alasan bisa terjadi heatstroke akibat paparan suhu tinggi dalam waktu lama, biasanya terjadi juga karena dikombinasikan dengan dehidrasi yang menyebablan kegagalan sistem kontrol suhu tubuh.
Namun orang orang yang tidak minum cukup air atau dehidrasi menderita penyakit kronis atau minum alkohol dalam jumlah berlebihan juga berisiko terkena serangan panas di segala usia.
Gejala umum yang terjadi ketika terkena serangan panas di antaranya mual, kejang, kebingungan, disorientasi, tidak berkeringat meskipun kepanasan, kram, jantung berdebar, dan bisa sampai terjadi kejang, kehilangan kesadaran atau koma.
Untuk pertolongan pertama, bisa dengan cara memindahkan orang tersebut ke lingkung yang dingin atau ruangan ber-AC atau setidaknya tempat yang sejuk dan teduh, dan lepaskan pakaian yang tidak peril
Jika memungkinkan, ukur suhu inti tubuh orang tersebut dan lakukan pertolongan pertama untuk mendinginkannya, beberapa cara yang bisa dicoba antara lain dengan mengipasi pasien sambil membasahi kulitnya dengan air mengalir atau menggunakan spons.

BACA JUGA :  Pertemukan Petani dengan Pembeli, Banyumas Segera Buka Pasar Tani Setiap Pekan