7 Tips Menjaga Hubungan Langgeng dan Harmonis Hingga Tua

Bahagia dan menua bersama pasangan tak datang begitu saja, harus diperjuangkan dengan saling jaga perhatian, kasih sayang, dan komunikasi.
Melihat pasangan yang setia sampai tua, terkadang muncul pertanyaan di benak, apa tips menjaga hubungan sampai langgeng itu? Padahal menjaga hubungan itu tidaklah gampang, bahkan saat ini ada banyak sekali hubungan yang pupus di tengah jalan.
Anda harus berjuang untuk mewujudkan sebuah hubungan asmara yang awet dan penuh kemesraan. Bagaimana caranya?
Tak usah khawatir, ada berbagai tips yang bisa dilakukan bersama pasangan supaya hubungan langgeng dan tahan lama.

  • Membiasakan terbuka dengan pasangan
    Komunikasi adalah salah satu kunci hubungan langgeng dan sehat. Melalui komunikasi, semua bentuk unek-unek yang ada di pikiran bisa tersalurkan dengan baik dan tumbuh saling pengertian dengan pasangan.
    Dikutip dari berbagai sumber, sebanyak 35% kasus perceraian yang terjadi karena masalah komunikasi.
    Bentuknya bisa beragam, seperti adanya rasa tidak dihargai oleh salah satu pasangan, merasa pasangan tidak pernah mendengarkan keluh kesahnya, dan sebagainya.
    Oleh karena itulah keterbukaan itu penting, bahkan terhadap hal sepele, seperti rencana refreshing, hingga masalah yang lebih kompleks, contohnya finansial.
  • Luangkan waktu untuk fokus berdua
    Ada perbedaan signifikan ketika masih pacaran, baru menikah, dan punya anak. Perbedaannya terletak pada seberapa banyak waktu luang untuk pasangan. Ketika pacaran dan awal menikah, waktu untuk pasangan cenderung lebih banyak dan intens.
    Namun, setelah punya anak dan kesibukan kerja semakin tinggi, mulai menurunlah intensitas waktu berdua. Prof Philip Cowan meneliti bahwa 92% pasangan mengalami konflik setelah memiliki anak. 1 dari 4 keluarga menunjukkan adanya stress berat.
    Namun hal tersebut tidak terjadi pada keluarga yang rutin meluangkan waktu bersama pasangan.
    Kegiatan sederhana seperti mengecup kening ketika bangun tidur, nonton tv bersama, makan malam bersama, ternyata memiliki efek besar terhadap keharmonisan berpasangan.
  • Hindari mengambil keputusan saat sedang emosi
    Masalah bisa datang kapan saja dan di setiap fase pernikahan, bentuk masalahnya berbeda-beda. Kondisi tersebut tak jarang membuat kesabaran masing-masing pasangan diuji.
    Ketika sedang capek, ternyata ada masalah rumah, di sinilah emosi harus kamu kendalikan.
    Ketika kamu sedang emosi atau capek, terkadang bisa secara tidak sadar melontarkan keputusan atau kata-kata yang menyakiti pasangan. Suasana akan semakin keruh ketika pasangan juga tersulut dan berakhir pada pertengkaran.
    Oleh karena itu, kunci hubungan langgeng sampai tua terletak juga pada cara mengontrol emosi. Apabila sedang capek atau tidak berfikir jernih, ada baiknya menyampaikan dan mengagendakan mengobrol di lain kesempatan.
BACA JUGA :  5 Hal yang Harus Kalian Siapkan untuk Merayakan Natal 2023