3 Resep Membuat Minuman Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

DEPOSTJATENG,-Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Peribahasa tersebut sangat pas rasanya untuk kondisi sekarang ini, di mana beragam penyakit datang silih berganti. Penyakit akan cenderung mudah menular, apalagi jika kita tidak punya sistem imun yang baik. Selain rajin mencuci tangan, kita bisa mencegahnya dengan mengonsumsi minuman sehat.
Tak perlu jauh-jauh, kita bisa memanfaatkan bahan makanan di dapur. Rempah seperti jahe dan kunyit memiliki kandungan anti-inflamasi yang bisa membantu melawan radikal bebas. Kelebihan Indonesia adalah kekayaan rempah dan rimpang yang bisa kamu manfaatkan sebagai obat herbal harian. Tidak hanya untuk pemulihan, rempah-rempah ini juga akan membantu menyehatkan badan setiap harinya.
Selain diaplikasikan dalam menu makanan, rempah-rempah ini juga bisa menjadi elemen penting dalam beragam menu minuman tradisional. Sudah dikenal sejak lama kalau Indonesia juga punya macam-macam ramuan sehat yang biasa ditawarkan oleh para “mbok jamu” keliling. Dari beras kencur hingga jahe. Seperti dokter, biasanya kita menanyakan nasihat mereka soal kondisi kesehatan kita. Tak lama jamu disiapkan dan tersaji hangat. Wah, rasanya badan menjadi lebih segar!
Kali ini kamu bisa juga kok membuat beberapa racikan minuman sehat di rumah. Yuk, simak apa saja resepnya berikut ini!

1. Wedang Jahe, meningkatkan daya tahan tubuh

Sudah bukan kabar baru jika jahe sering digunakan untuk menangkal beragam keluhan, seperti masuk angin hingga rematik. Sementara kunyit mengandung kurkumin yang juga bisa membantu tubuh melawan bakteri jahat.
Racikan jahe dan kunyit sudah lama dipercaya sebagai racikan obat herbal dari nenek moyang dan dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Cara membuat minuman sehat ini sebenarnya sederhana. Berikut adalah resepnya.
Bahan: 2 ruas jahe, 3 cm kunyit, 1 batang serai, 2 sdm madu (atau lebih, jika ingin lebih manis), 300 ml air

BACA JUGA :  Kurang Tidur dapat Mengakibatkan Kurang Konsentrasi, Simak Penjelasannya

Cara Membuat

1.    Geprek jahe dan batang serai. Kemudian iris-iris kunyit.
2.    Rebus air hingga mendidih, masukkan jahe, serai, dan kunyit. Diamkan selama 10 menit.
3.    Matikan api, masukkan madu dan aduk.
4.    Tuangkan ke dalam cangkir, minum selagi hangat.