Inilah 8 Manfaat Dari Kunyit yang Wajib Kamu Ketahui.

Tanaman kunyit berasal dari Asia Tenggara. Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam family Zingiberaceae yang mempunyai bentuk batang semu dibentuk dari pelepah daun-daunnya.
Kunyit biasa digunakan sebagai bahan masakan. Selain itu kunyit juga mempunyai khasiat sebagai jamu dan obat tradisional.
Kunyit juga sering digunakan oleh masyarakat di berbagai negara untuk mengobati berbagai macam penyakit, sepeti penyakit yang disebabkan oleh mikroba parasite, gigitan serangga, cacar, sakit perut, (diare, sembelit, dan kembung), gangguan pencernaan, gangguan hati, gangguan asma, menghilangkan gatal, menghilangkan penyakit kulit, dan mengurangi rasa nyeri.
Kunyit memberikan beberpa kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu kandungan kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, minyak atsiri.
Dengan adanya kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, sehingga dapat di konsumsi sesuai dengan takaran. Mengutip dari berbagai sumber, berikut penjelasan manfaat kunyit untuk kesehatan:

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Kunyit dapat meningkatkan system pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit, karena kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Mengobati radang
    Kandungan yang ada didalam kunyit disebut kurkumin ini merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang poten.
  • Mengatasi perut kembung
    Kurkumin pada kunyit membantu mengurangi tekanan gas pada perut dan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam secara berlebihan.
BACA JUGA :  Perut Buncit? Ini Dia Solusinya