Kenali 5 Tanda-tanda Kehamilan di Minggu Pertama, Hamil Muda

Terkadang seorang wanita tidak menyadari adanya janin di dalam perutnya. Terutama mereka yang memiliki siklus menstruasi kurang teratur.
Pasalnya, beberapa tanda-tanda hamil mirip dengan tanda menstruasi, misalnya kram perut, mood swing, atau nyeri payudara.
Bahkan, ada beberapa tanda-tanda hamil yang sering kali tidak disadari oleh sebagian wanita.
Mengutip dari halodoc.com, selain dapat mengetahui hasil dari alat tes pack, tanda-tanda kehamilan juga dapat diperhatikan dari perubahan fisik hingga suasana hati. Berikut masing-masing penjelasannya.

  1. Perut kembung
    Hampir serupa dengan tanda-tanda di awal siklus menstruasi, tanda kehamilan di minggu pertama juga menyebabkan kamu mengalami perut kembung.
    Hal ini terjadi akibat adanya perubahan hormon yang membuat sistem pencernaan menjadi lebih lambat dalam menjalankan prosesnya sehingga memicu perut kembung.
    Biasanya, gejala kembung akan datang bersamaan dengan sembelit atau konstipasi.
  2. Mual dan muntah
    Mual dan muntah pada kehamilan di minggu pertama, yaitu morning sickness. Meskipun dikenal sebagai morning sickness, mual dan muntah dapat terjadi kapan saja.
    Morning sickness, umumnya terjadi di minggu pertama hingga minggu ke 9. Memasuki trimester kedua, biasanya ciri-ciri hamil ini akan berangsur menghilang.
  3. Kelelahan
    Kelelahan menjadi keluhan yang kerap ibu hamil rasakan di minggu pertama. Melansir dari jurnal Sleep Science yang berjudul Fatigue and Sleep Quality in Different Trimesters of Pregnancy, hal ini terjadi akibat adanya perubahan dalam tubuh.
    Mulai dari perubahan fisik, perubahan metabolisme, hingga perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil.
    Kondisi tersebut membuat tubuh mulai untuk beradaptasi dengan kondisi yang baru.
  4. Kram perut dan bercak darah
    Kondisi ini juga menjadi salah satu ciri-ciri hamil di minggu pertama. Gejala tersebut biasanya akan muncul berbarengan dengan bercak darah. Hal ini bisa terjadi karena ada proses implantasi janin ke rahim.
    Bercak darah yang terjadi akibat implantasi biasanya memiliki jumlah yang lebih sedikit dari menstruasi, dan memiliki warna merah muda hingga kecokelatan.
    Di samping itu, kram perut juga lebih ringan dari menstruasi, dan bercak darah yang keluar tidak lebih dari 3 hari.
    Segera periksa kondisi kesehatan jika bercak darah dan kram perut yang dialami lebih dari 3 hari dan dirasa semakin memburuk.
    Agar kesehatan senantiasa terjaga selama masa kehamilan, ibu hamil harus rutin mengonsumsi vitamin yang penting bagi tubuh.
  5. Perubahan pada payudara bisa menjadi tanda hamil
    Payudara akan mengalami perubahan di minggu pertama kehamilan dengan terlihat lebih besar. Selain itu, payudara terasa lebih lembut dan halus. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh ibu hamil.
    Tidak hanya pada kulit payudara, perubahan juga terjadi pada bagian areola yang menjadi lebih gelap dan membesar. Puting juga lebih besar dari biasanya.
    Itulah beberapa ciri-ciri hamil di minggu pertama. Selain tanda utama tersebut, ada beberapa tanda kehamilan di minggu pertama lainnya seperti peningkatan buang air kecil, nyeri sendi dan otot, dan perubahan suasana hati.
  6. Peningkatan buang air kecil
    Kehamilan menyebabkan peningkatan kadar cairan dalam tubuh dan efisiensi ginjal yang lebih besar. Rahim yang semakin membesar juga dapat menekan kandung kemih. Hal ini membuat banyak wanita yang menjalani kehamilan trimester pertama mengalami peningkatan buang air kecil.
  7. Keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu
    Ngidam atau keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu saat hamil adalah hal yang normal terjadi. Hal ini bisa terjadi akibat adanya perubahan hormon, indera penciuman yang lebih tajam, hingga kekurangan nutrisi.
    Kamu boleh saja mengonsumsi makanan yang kamu idamkan. Asal, makanan tersebut bersih, sehat, dan tidak membahayakan untuk kesehatan ibu maupun janin.
BACA JUGA :  Harus Kalian Ketahui Bahwa 5 Cara ini Mengatasi Skin Barrier yang Sedang Rusak