Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental, dan Inilah 7 Cara Menjaga Kesehatan Mental

Jika kalian yang merasa mudah mengalami stress atau gangguan kecemasan kalian sebaiknya meningkatkan kesejahteraan atau kualitas kesehatan mental kalian secara keseluruhan , dan yang harus kalian ketahui bahwa hal tersebut tidak hanya bisa berfokus pada kesehatan fisik, selainkan kesehatan mental yang memainkan peran yang sangat besar dalam kehidupan.
Ada beberapa langkah sederhana yang bisa kalian terapkan untuk meningkakan kualitas kesehatan mental sebagai kemampuan diri sendiri untuk mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari.
Ini dia beberapa langkah untuk kalian yang bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari kalian untuk tetap bisa menjaga kesehatan mental kalian;


• Tuliskan hal yang patut disyukuri
Cara sederhana yang mampu kalian lakukan salah satunya adalah dengan cara bersyukur , karena rasa bersyukur sendiri di kaitkan dengan peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental serta kebahagiaan. Jika kalian menuliskan hal-hal kecil yang patut kalian syukuri setiap harinya. Maka secara umum hal itu akan dapat merenungkan rasa terimakasih juga efektif, dan tentu hal itu perlu berlatih secara teratur untuk mendapatkan manfaat dalam jangka waktu yang panjang. Dan kalian harus menemukan sesuatu untuk di syukuri dan kalian harus menikmati setiap moment perasaan tersebut yang ada pada dalam hatimu.


• Olahraga
Olahraga dapat membantu tubuh kalian melepaskan endrofin yang dapatmembantu menyingkirkan stress dan meningkatkan suasana hati kalian pada saat sebelum dan sesudah olahraga, karena itu banyak sekali orang yang melakukan olahraga untuk melepaskan stress, kecemasan dan depresi secara ampuh. Kalian bisa melakukan olah raga kecil – kecilan jikakalian tidak ingin berolahraga berat, kalian bisa melakukan olahraga kecil seperti menaiki tangga, atau jalan kaki ke tempat yang dekat, lakukan setidaknya paling lama selama 30 menit setiap harinya, dan coba kalian melakukannya diluar ruangan , karena paparan sinar matahari membantu tubuh yang menghasilkan vitamin D, yang dapat meningkatkan tingkat serotine di otak.

BACA JUGA :  Cara Alami Redakan Nyeri Haid


• Istirahat
Pada saat kalian mempunyai tugas atau pekerjaan yang sangat banyak kalian bisa beristirahat dahulu dan jauhkan lah diri kalian dari pekerjaan atau tugas tersebut karena jal itu akan membuat kalian semakin stress maka dari itu klian perlu istirahat setidaknya sampai diri kalian merasa sedikit lebih baik. Hal baik yang tanpa kalian ketahui kalian bisa melakukan latihan pernafasan sederhana , tutup mata dan ambil 10 tarikan napas dalam-dalam, kalian bisa menghitung sampai empat saat menarik nafas kalian bisa melakukan saat menarik nafas dan pada saat membuang nafas dalam empat hitungan hal ini akan membantu kalian untuk melawan stress.