Tabrakan KA Cicalengka Tragedi Awal Tahun, Inilah Daftar Kecelakaan Kereta Api di Indonesia

DEPOSTJATENG.COM, (SUMEDANG).- Dua kereta api yang tengah melaju dari arah yang berbeda bertabrakan di petak jalan rel antara Stasiun Haurpugur-Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jumat 5 Januari 2024 sekitar pukul 06.00 WIB. Hanya berjarak 500 meter dari stasiun Cicalengka.
Dilansir dari Jatengprov.go.id Kereta api yang tabrakan secara head to head itu adalah KA Turangga, Kereta Api lintas selatan Pulau Jawa dengan KA Commuter Line Bandung Raya.
Belum diketahui berapa korban jiwa dan korban luka yang tumpah akibat peristiwa tersebut.
Informasi sementara dari Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo korban meninggal akibat kecelakaan itu sebanyak tiga orang.
“Masinis, asisten masinis dan pegawai kereta,” katanya.
Dia menambahkan, semua penumpang kedua kereta yang mengalami kecelakaan dalam kondisi baik, dan kini sedang dalam proses evakuasi.
“Kami (polisi) beserta Basarnas, Damkar, Dinkes, masih melakukan upaya-upaya, dan kami membuat garis perimeter aman agar masyarakat tidak ada yang mendekat ke TKP,” ujar Kusworo.
Sebagaimana diketahui, kecelakaan kereta api atau acap disebut peristiwa luar biasa hebat (PLH) adalah kejadian tabrakan antar kereta api, anjlok, terguling, atau terbakar.
Untuk kasus tabrakan kereta api head to head yang paling fenomenal, bahkan sampai di filmkan, adalah tragedi Bintaro, TKP kecelakaannya di kawasan Pondok Betung, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.
Peristiwa itu juga terjadi pagi hari tepatnya 19 Oktober 1987 pukul 06.45 WIB. Antara KA 225 Lokal Rangkas Bitung melawan KA 220 Patas Merak.

BACA JUGA :  Jatah Pengiriman Sampah dari Cimahi ke TPA Sarimukti 600 Ton