Wajib Tahu! Inilah 7 Cara yang dapat Mengatasi Bullying

DEPOSTJATENG – Banyak sekali sekarang yang melakukan tindakan bullying. Hal itu bahkan bisa sampai lolos kepada orang tua yang tidak tahu bahwa anak mereka terkena bullying.
Lebih parahnya lagi, aksi bullying ini tidak memandang umur bahkan banyak juga anak pelajar yang melakyukan bullying hal ini sepatutnya tidak terjadi.
Bullying adalah tindakan negative yang terjadi terus menerus akibat sekelompok orang dengan tujuannya untuk menyakiti.
Bahkan bukan hanya sebatas fisik yang mereka sakiti namun juga pendungan lainnya bisa terjadi karena ada dalam berbagai macam jenis bullying. Mulai dari perundungan verbal, cyberbullying, dan bahkan bisa saja terjadi pelecehan seksual.
Jika kerabat atau keluarga kalian mengalami bullying maka sebaiknya jangan hanya tinggal diam saja dan kalian juga harus segera bertindak.
Kalian sebaiknya bertanya apa awal terjadinya bullying dan sebaiknya atasi bullying dengan langkah- langkah berikut.

• Berikan rasa perlindungan yang aman
Kalian harus mendukung korban untuk menceritakan semua kondisi yang terjadi tanpa memaksa korban. Buatlah korban merasa nyaman terlebih dahulu agar korban bisa menceritakan hal apa yang terjadi pada dirinya.
Kalian cukup mendengarkan cerita korban tanpa mencela atau memeotong perkataan korban, sehingga mereka bisa mendapatkan keadilan yang sesuai.

• Tidak bertindak kasar
Pada saat korban menceritakan hal tersebut sebaiknya kalian mengatur emosi kalian karena jika emosi kalian tidak bisa terkontrol maka dari itu akan terjadinya keributan dan bertindak kasar.
Sebaiknya kalian hindari itu. Kalian harus tetap tenang dan pastikan hal ini diketahui oleh orang yang berhak mengetahuinya.

• Dampingi korban
Pastikan kalian mendampingi korban untuk mencegah tindakan perudungan. Kalian cukup mendampingi korban, hal itu bisa menjadi korban merasa sangat amat dilindungi.

BACA JUGA :  Percepat Layanan Administrasi Kependudukan, Cilacap Luncurkan “Dolan Teluk Penyu”