6 Makanan yang bisa Menurunkan Hipertensi

Darah Tinggi Atau Hipertensi, Berikut Makanan Untuk Menurunkannya – Hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak boleh dianggap sepele. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini akan memicu berbagai komplikasi hipertensi yang dapat mengganggu kesehatan Anda.

Salah satu cara untuk mengontrol tekanan darah tinggi adalah dengan menerapkan pola makan sehat, mulai dari memilih menu makanan penurun hipertensi, menghitung kalori, dan memantau porsinya

Penderita hipertensi perlu memilih makanan dengan porsi dan kalori yang sesuai. National Heart, Lung, and Blood Institute ( NHLBI) merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan dengan total kalori sekitar 2.000 kalori per hari. Memilih makanan dengan kalori yang rendah dapat membantu Anda menjaga berat badan dan mencegah obesitas yang merupakan salah satu penyebab hipertensi. 1. Peterseli
Peterseli atau parsley (Petroselinum crispum) adalah makanan penurun darah tinggi. Makanan ini mengandung vitamin C dan karotenoid yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Mau bukti? Menurut penelitian berjudul “Carotenoids: potential allies of cardiovascular health?”, antioksidan karotenoid mengurangi tekanan darah dan kolesterol LDL (jahat), sehingga dapat menurunkan risiko terserang penyakit jantung.

2. Bawang Putih
Bumbu dapur yang satu ini memiliki banyak keistimewaan bagi kesehatan tubuh, salah satunya menurunkan tekanan darah tinggi. Bawang putih mengandung senyawa sulfur, seperti allicin, yang membantu meningkatkan aliran darah dan melemaskan pembuluh darah. Senyawa ini yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Pisang

Pisang mengandung banyak potasium atau kalium yang bermanfaat bagi pengidap tekanan darah tinggi. Kalium ini bisa menyeimbangkan jumlah dan melawan efek buruk dari sodium (garam) dalam tubuh, sehingga mampu mengontrol tekanan darah. 

BACA JUGA :  Berikut Beberapa Manfaat dari Tanaman Obat Bunga Turi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *