Manfaat Sering Mengkonsumsi Air Dingin

DEPOSTJATENG – Mengkonsumsi cukup banyak air setiap hari sangat penting untuk mendukung fungsi tubuh, termasuk pencernaan dan metabolism, menjaga suhu tubuh normal dan menjaga kesehatan organ serta sel sel dalam tubuh.
Namun, apakah mengkonsumsi air dingin baik untuk kesehatan, atau malah berdampak buruk bagi tubuh?
Pada umumnya air dingin tidak butuk bagi tubuh dan bahlan memiliki manfaat positif bagi individu yang sehat, beberapa penelitian menunjukkan bahwa air dingin dapat membantu meningkatkan laju metaboliesme, membantu menurunkan berat badan, dan membantu menurunkan tekanan darah rendah.
Namun, air dingin memang memiliki kelemahan bagi mereka yang memiliki kondidi media tertentu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki masalah pada kerongkongan, seperti akalasia dan gigi sensitive, harus menghindari mengonsumsi air dingin.
Risiko dan kerugian dari minum air dingin termasuk pengentalan lender yang menyebabkan kesulitan bernapas, sakit kepala, sensitivitas gigi, memperlambat pengosongan lambung, hingga memperparah akalasia ( penyakit langka yang menyulitkan makanan dari kerongkongan ke lambung).
Sebuah penelitian pada tahun 2001 yang melibatkan 669 wanita menunjukkan bahwa minum air dingin dapat menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang.

Ini dia manfaat mengkonsumsi air dingin

  • Membantu menurunkan berat badan
    Mengkonsumsi air dingin dapat membantu menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan metabolism, sehingga membuat tubuh terasa lebih kenyang, dan juga meningkatkan performa saat berolahraga dengan menjada suhu tubuh dan meminimalkan keringat
  • Meningkatkan metabolism
    Micheal baschman dan rekan rekannya di Humboldt- University di berlin menemukan bahwa iar pada suhu 22dc menghasilkan pengeluaran energy 30kJ lebih besar dibandingkan air yang diminum pada suhu 37dc
    Hal ini mungkin akan lebih besar pada suhu iar yang lebih dingin, meskipun besarnya efek ini masih diperdebatkan dengan penelitian dari University pf Washington yang menemukan bahwa hayanya delapan kalori tambahan yang akan dibakar percangkir air dingin. (wdyqrrtlan)
BACA JUGA :  Berikut Tahapan Cara Mendonorkan Darah di PMI Bandung