Wajib Tahu! Inilah Efek Samping Terlalu Banyak Mengkonsumsi atau Minum Kopi

Sering menikmati secangkir kopi sebelum atau sesudah melakukan aktivitas setiap hari adalah hal yang membuat suasana hati. Selain itu kopi juga membuat badan terasa rileks dan menyenangkan.

DEPOSTJATENG,- Sering menikmati secangkir kopi sebelum atau sesudah melakukan aktivitas setiap hari adalah hal yang membuat suasana hati. Selain itu kopi juga membuat badan terasa rileks dan menyenangkan.
Tapi apakah kopi baik buat kesehatan? Tentu, banyak penelitian menyatakan bahwa kopi memiliki banyak sekali manfaat untuk manusia. Seperti menambah energi, kesehatan jantung, mengurangi risiko demensia, dan juga kesehatan mental. Bahkan kopi juga bisa menurunkan berat badan.
Namun jika kamu terlalu sering mengkonsumi kopi setiap harinya, tentu saja itu tidak baik dan memiliki efek samping. Minuman berkafein ini juga tidak cocok untuk semua orang, karena penderita gangguan panik atau hipertemsi.
Karena terlalu banyak mengkonsumsi secara berlebihan dapat memperburuk gejala kecemasan, meskipun tidak semua mengalaminya, namun bagi mereka yang mengalaminya, hal ini dapat disebabkan oleh kandungan kafein yang ada di dalam kopi.
Hubungan kopi dan kecemasan sangat bergantung dalam gangguan kecemasan yang dimiliki seseorang dan kepekaan terhadap kafein.
Jika kamu mengkonsumsi 5 cangkir kopi sehari itu dapat menimbulkan perasaan panik atau kecemasan pada tubuh, dan ini akan terjadi lebih parah pada orang yang memiliki gangguan panik.
Efek samping dalam kopi adalah dapat meningkatkan tekanan darah, karena para peneliti dari ulasan : ‘Journal of Agricultural and food Chemistry” mencatat bahwa hasil penelitan mereka bahwa orang yang mengkonsumsi kopi berlebih akan memiliki arti tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol atau dikenal sebagai hipertensi.
Penderita hipertensi harus memantau kadar kafeinnya dan menghindari kopi dalam jumlah besar, karena kafein dalam minuman ini dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah yang tinggi.
Selain itu konsumsi kopi berlebih dapat meningkatkan asam lambung dapat di sebabkan berbagai hal, bisa dari stres dan kafein kalau makanan asam dan pedas sifatnya merusak terhadap lambung.

BACA JUGA :  4 Perawatan Bibir yang Bisa Kamu Coba Lakukan di Rumah