Apa Itu Penyakit Botulisme Pada Bayi? Begini Penjelasannya

Botulisme adalah penyakit langka namun berpotensi fatal. Penyebabnya adalah bakteri clostridium botulinum. Penyakit tersebut menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan, serta kegagalan pernapasan.
Hal ini biasanya terjadi akibat memberikan madu pada bayi, dan penyakit ini tentu saja sangat bahaya yang dapat menyerang sistem saraf pada bayi.
Karena pada zaman dahulu bahwa madu dijadikan sebagai bahan makanan dan obat tradisional namun jika kalian memberikan madu pada bayi yang di bawah usianya kurang dari 1 tahun, maka hal ini akan berakibat fatal yaitu menyebabkan bayi terkena penyakit botulisme.
Mengutip dari berbagai sumber, sebetulnya penyakit ini bisa saja terjadi akibat mengkonsumsi makanan yang telah terkomintasi dengan bakteri namun bukan karena hal itu saja bisa juga karena menghirup spora. Bersentuhan dengan tanah yang terkomintasi atau bisa juga melalui luka yang terbuka.
Lantas mengapa madu bisa di sebut ada hubungannya dengan penyakit botulisme pada bayi? Karena madu adalah salah satu sebagai sumber botulisme yang paling umum. Karena pada dasarnya anak yang berusia dibawah 12 bulan maka ia akan sangat berada pada risiko tertinggi terkena botulisme dari madu.
Maka dari itu para ahli tidak menyarankan untuk memberikan madu pada bayi.
• Gejala Bolusmne pada Bayi
Biasanya penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan otot yang meluas yang dapat mengakibatkan penglihatan menjadi kabur, bicara cadel, mulut kering, kesulitan menelan dan bernafas, ini dia berikut gejala botuliosme pada bayi yang wajib kalian atau orang tua ketahui.

BACA JUGA :  Sukses Seperti Membalikan Telapak Tangan Itu Omong Kosong, Kisah Chairul Tanjung Konglomerat Indonesia