Apa Kalian Tahu ? Ternyata Segini Besaran Gaji HRD di Indonesia!

 Kehadiran seorang HRD di dalam perusahaan memiliki peranan yang penting dalam melakukan pengelolaan terhadap sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan.

Bagi Anda yang baru saja ingin berkarir di bidang Human Resource Management atau HRD, mungkin Anda akan bertanya-tanya mengenai besaran gaji HRD di Indonesia.

Pertanyaan ini sendiri merupakan hal yang wajar, karena sebagai seorang profesional, Anda mungkin ingin melihat apakah berkarir di dunia HRD dalam sebuah perusahaan memiliki prospek yang menjanjikan.

Untuk mengetahui berapa besaran gaji HRD di Indonesia, maka simak penjelasan artikel berikut ini sampai tuntas ya!

Mengenal Pekerjaan HRD

HRD atau Human Resource Department adalah salah satu divisi yang berada di sebuah perusahaan dan memiliki tanggung jawab untuk mengurusi segala kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan kinerja karyawan, mulai dari proses rekrutmen, pelatihan, evaluasi kinerja, penyelesaian konflik internal, hingga kegiatan administrasi karyawan.

Saat perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan yang dimilikinya, maka HRD lah yang pertama kali berhubungan dalam mengurus hak-hak yang dimiliki oleh karyawan yang bersangkutan.

Tugas HRD di Perusahaan

Di mata masyarakat, umumnya pekerjaan seorang HR di sebuah perusahaan hanya berhubungan dengan proses rekrutmen karyawan. Nyatanya, tugas dan tanggung jawab seorang HR di sebuah perusahaan lebih dari itu.

Adapun beberapa tugas seorang HRD di perusahaan yang dapat Anda ketahui, di antaranya adalah sebagai berikut:

1.   Melakukan Rekrutmen dan Seleksi

Salah satu tugas utama yang dimiliki oleh seorang HRD adalah dengan melakukan rekrutmen dan seleksi terhadap calon karyawan.

Dari sekian banyak kandidat yang melamar, seorang HRD harus bisa menyortir dan menyeleksi kandidat hingga mendapatkan orang yang cocok dan dibutuhkan perusahaan.

BACA JUGA :  5 Alasan Anak Tidak Nafsu Makan, Orang Tua Wajib Mengetahuinya!

2.   Menyelenggarakan Pelatihan dan Pengembangan

Kinerja yang dimiliki oleh karyawan adalah faktor utama dalam mencapai tujuan perusahaan.

Dalam hal ini, HRD perusahaan harus bisa melakukan pengelolaan terhadap kinerja karyawan agar lebih optimal dan produktif melalui program pelatihan dan pengembangan.

3.   Menjaga Relasi dengan Karyawan

Memiliki relasi yang baik dengan karyawan dapat membuat karyawan tersebut merasa nyaman dan betah ketika bekerja di perusahaan.

Dalam hal ini, seorang HRD wajib menjaga relasi dengan baik terhadap seluruh karyawan di perusahaan. Karena melalui relasi yang baik akan menghasilkan kolaborasi dan menguntungkan pihak karyawan dan perusahaan.