Waspadai 5 Penyebab Ngantuk Berlebihan

DEPOSTJATENG – Ngantuk adalah kondisi alami ketika badan memerlukan waktu unutk beristirahat, namun ngantuk yang berlebihan justru bisa menjadi salah satu akibat adanya pertanda gangguan , seperti sleep apnea , narkolepsi, depresi, dan masalah emosi.

Jika kalian tidak mendapatkan waktu yang cukup pada saat tidur maka memang mengantuk berlebihan adalah hal yang wajar karena kalian tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Hal ini bisa terjadi akibat kualitas tidur kalian yang burut atau kondisi kesehatan lainnya.

Namun jika kalian mengalami ngantuk yang berlebihan pada siang hari maka kalian tidak bisa menyepelekannya , karna hal itu bisa saja terjadi adanya gangguan kesehatan pada tubuh kalian dan kalian harus mengetahui apa penyebabnya dan agar kalian bisa melakukan tindakan penanganan yang tepat.

Dan jika waktu tidur kalian sudah merasa pas dan kalian merasa masih ngantuk yang berlebihan maka kalian harus bisa mengenali apa penyebab dari rasa kantuk yang berlebihan ini, karena bisa saja hal itu karena adanya tanda penyakit. Dan kenalilah ini penyebab akibat ngantuk yang berlebihan ;

1.            Sleep apnea

Studi dalam Annals of the American Thoracic Society menyebutkan, rasa kantuk berlebihan banyak terjadi pada pengidap apnea tidur atau sleep apnea. Dan kondisi ini umumnya terjadi pada siang hari dan tentu saja berdampak negative pada fungsi sehari-hari , kognisi, suasana hati, dan aspek kesejahteraan lainnya. Kalian juga harus berhati-hati kerena masalah tidur ini merupakan kondisi yang berpotensi serius karena pengidapnya berulang kali berhenti bernafas sepanjang tidur malam.

Ada beberapa gejala yang menunjukan kalian terkena sleep apnea ;

BACA JUGA :  Resep Membuat Wedang Kelor Jahe yang Menyehatkan Tubuh