Program PTSL dan Redistribusi Tanah di Jateng, Berhasil Terbitkan 778.652 Sertifikat Diterbitkan

DEPOSTJATENG (CILACAP) – Sepanjang 2023, pemerintah telah menerbitkan sebanyak 778.652 sertifikat tanah di Jawa Tengah. Penertiban sertifikat itu dilakukan melalui program Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan redistribusi tanah.

Dilansir dari Jatengprov.go.id Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menyampaikan, melalui program PTSL, pemerintah telah menerbitkan 775.572 sertifikat. Sementara, program redistribusi tanah menghasilkan 3.080 sertifikat.

Di antara 3.080 sertifikat itu, terdapat 997 bidang tanah milik 878 warga hasil dari redistribusi tanah untuk tanah timbul di Desa Ujunggagak, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, dengan total seluas 86,14 hektare.

“Redistribusi tanah ini suatu kebijakan yang strategis, untuk mengatasi ketimpangan penguasaan dan kepemilikan tanah bagi petani yang menggantungkan hidupnya di lahan pertanian,” kata Nana, di sela mendampingi Presiden RI Joko Widodo, pada acara Penyerahan Sertifikat Tanah, di Lapangan Pertamina RU IV, Kabupaten Cilacap, Selasa (2/1/2024).

BACA JUGA :  Empat Bulan Tak Bertemu, Kunjungan Ratusan Orang Tua Siswa SMK Jateng Diwarnai Tangis