Bangun Sinergi Ciptakan Perayaan Nataru Aman dan Nyaman

MAGELANG – Biasanya menjelang natal dan tahun baru tentu saja selalu ada kejadian atau hal-hal yag kita tidak inginkan, dan pemerintah provinsi jawa tengah telah mendiskusikan keamanan yang sangat aman untuk menjelang Nataru .

Dilansir dari Jatengprov.go.id Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membangun sinergisitas dengan Polda Jateng dan Kodam IV/ Diponegoro, untuk memastikan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di wilayahnya berlangsung aman dan nyaman.

“Kami akan berkolaborasi, jadi akan bersama-sama dengan TNI-Polri, kami di sini ada  Satpol PP dan Dinas Perhubungan yang akan bergabung dalam pelaksanaan pengamanan Nataru,” kata Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, seusai rakor lintas sektoral di Hotel Atria, Kota Magelang, Senin (18/12/2023).

Nana mengaku, sudah melakukan berbagai koordinasi, baik kesiapan Pemilu 2024, kesiapan menghadapi Nataru, dan pemantapan kesiapan pengamanan Nataru yang dilakukan oleh TNI-Polri, jelang dimulainya Operasi Lilin Candi 2023-2024.

“Tujuannya menyatukan persepsi agar kegiatan keagamaan masyarakat, dalam hal ini umat kristiani yang akan melaksanakan Natal, dan masyarakat yang merayakan Tahun Baru merasa nyaman dan aman,” katanya.

Dibeberkan Nana, ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam mengamankan Natal dan Tahun Baru. Pertama, pengamanan tempat ibadah. Satpol PP Provinsi Jawa Tengah siap berkolaborasi dengan aparat kepolisian, guna melakukan pantauan dan pengamanan di gereja-gereja.

Kedua, pergerakan masyarakat yang cukup tinggi pada libur Nataru, sehingga perlu dilakukan pengamanan di tempat-tempat atau objek vital seperti tempat wisata. Selain itu juga perlu skema untuk mengantisipasi kemacetan dan aksi teror.

BACA JUGA :  Kisah Sedih Ira Nandha, Suami Kepergok Selingkuh Via Discord