Bupati Rembang Salurkan Bantuan Ratusan Alsintan, dan Membantu Meringankan Petani

DEPOSTJATENG (REMBANG) – Sebanyak 400 alat mesin pertanian (alsintan) pengolah tanah diberikan kepada kelompok tani di Kabupaten Rembang. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz, di halaman Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) setempat, Rabu (20/12/2023).

Dilansir dari Jatengprov.go.id Bupati menyampaikan, kebutuhan alsintan di Kabupaten Rembang diperkirakan sebanyak 2.700 unit . Sementara, sudah ada 2.000-an unit alsintan berbagai jenis.

“Insyaallah, 2024 akan dikasih 300. Ini mau selesai,” ungkap bupati.

Disampaikan, pihaknya akan terus mengupayakan bantuan alsintan setiap tahunnya untuk kelompok tani. Sehingga, diharapkan para kelompok tani dapat merawat bantuan alsintan tersebut, agar memberikan manfaat yang lebih lama untuk petani.

“Jangan dibiarkan tidak terurus, nanti dicuri, nanti minta bantuan lagi, biar baru. Jangan begitu, kebutuhan pemerintah itu banyak, membangun jalan dan lainnya,” tuturnya.

Kepala Dintanpan Kabupaten Rembang Agus Iwan Haswanto menambahkan, alsintan yang diberikan kepada petani kali ini berupa tiga unit traktor mini, 109 unit traktor, 12 unit traktor rotari, 70 unit kultivator, tujuh unit perontok padi, 35 unit perajang tembakau, 24 unit kendaraan roda tiga, dan 163 unit hand sprayer.

“Ditambah alsintan dari bantuan APBN, ada combine. Tahun ini, kita mendapat enam unit, kemudian ada rotari cultivator dan roda tiga,” imbuhnya.

Penerima bantuan alsintan, Suminah berkomitmen, bantuan tersebut akan dimanfaatkan bersama-sama dengan anggota kelompok tani, sehingga permasalahan yang disampaikan bupati tidak terjadi.

“Dipakai kelompok tani, dipakai bareng-bareng. Ini tanam padi rata- rata,” tandasnya.

BACA JUGA :  Pasar Sumber Resmi Raih Predikat SNI