Pj Gubernur Jateng Serahkan Penghargaan kepada 34 Kabupaten/ Kota Peduli HAM

DEPOSTJATENG(SEMARANG) – Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana memberikan penghargaan kepada 34 kota dan kabupaten peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan diberikan kepada daerah, yang dinilai telah memedulikan hak asasi manusia bagi masyarakatnya.

Dilansir dari jatengprov.go.id Hal itu tampak dalam kegiatan Pengukuhan Gugus Tugas Daerah Bisnis dan Hak Asasi Manusia (HAM) Provinsi Jawa Tengah dan Penyerahan Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia Provinsi Jawa Tengah, di Grhadhika Bhakti Praja Semarang, Kamis (28/12/2023).

Pj Gubernur Nana bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Tejo Harwanto memberikan penghargaan tersebut. Dari 34 kabupaten dan kota tersebut, empat di antaranya mendapatkan nilai 100 dalam peduli HAM, yakni, Kota Semarang, Kabupaten Purworejo, Sukoharjo, dan Purbalingga.

Selanjutnya, penerima penghargaan lainnya dengan nilai di bawahnya, adalah Kota Surakarta, Kota Tegal, Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, Kebumen, Kendal, Klaten, Demak, Karanganyar, Batang, Kudus, Pemalang, Temanggung, Banyumas, Boyolali, Tegal, Wonosobo.

Lalu ada Kota Pekalongan, Kota Magelang, Kabupaten Jepara, Grobogan, Rembang, Banjarnegara, Brebes, Pekalongan, Blora, Wonogiri, Sragen, Cilacap, dan Pati.

“Dari 35 kota/kota, kita ada 34 kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM. Ini suatu prestasi, dan kami terima kasih, apresiasi bupati dan wali kota yang mendapatkan penghargaan ini,” kata Nana kepada media, seusai acara.

Ke depan, dia berharap dengan penghargaan yang didapatkan daerah itu, akan menjadi penyemangat atau motivasi, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik. Karena faktanya, tugas yang harus diberikan kepada masyarakat, khususnya melayani dan menyejahterakan masyarakat, harus terus ditingkatkan.

BACA JUGA :  Kecelakaan KA Turangga – Bandung Raya, Mengingatkan Kita dengan Kejadian Tragedi Bintaro 1987