Pj Gubernur Dampingi Wapres Pantau Harga Pokok di Pasar Johar 

DEPOSTJATENG (SEMARANG) – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mendampingi Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin memantau harga bahan pokok di Pasar Johar Selatan, Semarang, Kamis (28/12/2023).

Dilansir dari Jatengprov.go.id Rombongan Wapres didampingi Pj Gubernur Jateng tiba di Pasar Johar sekira pukul 10.15 WIB. Pada di pasar tradisional itu, Ma’ruf Amin meninjau harga bahan pokok seperti cabai, bawang putih, bawang merah, kentang, dan lainnya.

Wapres dan Pj Gubernur Jateng juga sempat berdialog dengan sejumlah pedagang di pasar. Dari dialog tersebut diketahui, beberapa bahan pokok mengalami kenaikan harga. Meskipun demikian, sejumlah pedagang mengungkapkan, untuk pasokan barang selalu cukup dan terpenuhi.

Nana mengatakan, walaupun harga sembako sempat naik, namun dalam satu bulan terakhir, harga-harga beberapa bahan pokok sudah mulai turun. Sejumlah komoditas yang harganya mulai turun, misalnya cabai dan gula.

“Cabai sempat di angka Rp90 ribu (per kilogram), tadi sudah di angka Rp69 ribu. Untuk harga beras sudah Rp13 ribu per kilogram, itu yang medium. Untuk (beras) yang premium masih sekitar Rp14 ribu,” beber Nana.

Menurut dia, penurunan harga beberapa komoditas tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari beberapa program yang digulirkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah, seperti operasi pasar, gerakan pasar murah, hingga bantuan sosial.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Jateng Serahkan Penghargaan kepada 34 Kabupaten/ Kota Peduli HAM