Sepekan Gelar Operasi Pasar, Pemprov Jateng Berhasil Tekan Harga Cabai 

DEPOSTJATENG (SEMARANG) – Setelah beberapa hari ini menjadi perbincangan warga bahwa harga cabai naik dan para pembeli juga mengeluh dengan kebutuhan pokok ini yang harga nya nyaris terus tinggi, dan kini pemerintah provinsi jawa tengah telah berhasil menekan fluktuasi harga cabai.

Dilansir dari Jatengprov.go.id Sepekan menggelar operasi pasar cabai, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berhasil menekan fluktuasi harga cabai yang sempat mencapai Rp80 ribu-Rp90 ribu per kilogram. Kini, harga cabai di pasaran berada di kisaran Rp50 ribu-Rp70 ribu per kilogram.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana bersyukur atas hal tersebut. Menurutnya, hal itu karena langkah strategis yang dilakukan Pemprov Jateng bersama Bank Indonesia dan Satgas Pangan serta instansi terkait, mampu menekan harga.

Ia menjelaskan, operasi pasar komoditas cabai dilakukan selama sepekan. Mulai dari 9-15 Desember di Pasar Karangayu, Pedurungan, dan Gayamsari Kota Semarang.

“Dampak kelihatan setelah satu minggu terakhir, kami lakukan intervensi harga cabai. Cabai rawit merah dulu Rp80 ribu-Rp90 ribu, setelah terus operasi pasar menurun diangka Rp73 ribu, dan  menurun kembali ke Rp62 ribu. Sedangkan cabai merah keriting saat ini Rp54 ribu/kilogram,” ujarnya, seusai tinjauan operasi pasar di Pasar Karangayu, Jumat (15/12/2023).

BACA JUGA :  Puan Maharani Resmikan GOR Bung Karno di Sukoharjo