Sortir Lipat Surat Suara di Gudang KPU Semarang, Mbak Ita: Peran Mereka Luar Biasa

DEPOSTJATENG (SEMARANG) – Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu berharap, proses sortir lipat surat suara berjalan lancar, hingga distribusi tingkat kecamatan. Paling lambat pada 13 Februari 2024, seluruh logistik sudah terdistribusi ke seluruh Kota Semarang.

Dilansir dari Jatengprov.go.id Hal itu disampaikannya saat berkunjung dan menyapa para pekerja yang melakukan penyortiran dan pelipatan, di Gudang Logistik KPU Kota Semarang, Rabu (3/1/2024). Menurutnya, penyortiran dan pelipatan surat suara, dimulai dengan surat suara DPRD provinsi, selanjutnya surat suara DPR RI. Pada pekan depan, akan dilakukan pelipatan dan penyortiran DPRD kota. Sedangkan pelipatan surat suara presiden diperkirakan pada 10 – 18 Januari 2024.

Apresiasi disampaikan wali kota kepada para pekerja sortir dan lipat, yang turut membantu kelancaran pelaksanaan Pileg dan Pilpres. Menurutnya, peran mereka sangat penting dalam tahapan pesta demokrasi. Sebab, selama ini masyarakat hanya mengetahui petugas penyelenggara pemilu KPPS saat proses pencoblosan. Namun, di balik itu, banyak petugas yang terlibat, termasuk petugas sortir lipat.

“Peranan mereka luar biasa. Salah satu penyumbang peranan dalam pesta demokrasi. Selama ini, masyatakat tahunya PPS, KPPS, tapi teman-teman ini juga berpengaruh dalam proses kelancaran pesta demokrasi,” jelasnya.

Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom mengatakan, pihaknya mengerahkan 105 tim, dengan masing-masing tim terdiri dari lima orang, untuk melakukan proses sortir lipat surat suara untuk Pemilu 2024.

BACA JUGA :  Antisipasi Kasus Polio, Pemkab Rembang Gencarkan Imunisasi Polio