Lantik Pj Bupati Tegal dan Kudus, Nana : Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem, Stunting, dan Tegakkan Netralitas ASN

SEMARANG – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana melantik dua penjabat bupati, Agustyarsyah sebagai Pj Bupati Tegal, dan M Hasan Chabibie sebagai Pj Bupati Kudus, di Grhadhika Bhakti Praja, Rabu (10/1/2024). Penuntasan kemiskinan ekstrem, penurunan kasus stunting, dan netralitas ASN jelang Pemilu, menjadi agenda yang harus dirampungkan.

Dilansir dari Jatengprov.go.id Pada kesempatan itu, Nana mengapresiasi kinerja pejabat sebelumnya yang telah berupaya menuntaskan berbagai problem di wilayah. Kabupaten Tegal yang sebelumnya dipimpin Umi Azizah, angka kemiskinan pada 2023 sebesar 7,30 persen, dan angka kemiskinan ekstrem 2022 mencapai 0,73 persen.

Sementara itu, tingkat pengangguran terbuka pada 2023 sebesar 8,60 persen. Prevalensi stunting berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI)  2022 sebesar 22,3 persen.

Di Kudus yang sebelumnya dipimpin Pj Bupati Bergas Catursasi Penanggungan, tingkat kemiskinan pada 2023 tercatat 7,24 persen.  Angka kemiskinan ekstrem 2022 mencapai 0,63 persen. Tingkat pengangguran terbuka, berdasarkan data BPS, pada  2022 mencapai 3,21 persen. Adapun, prevalensi stunting berdasarkan SSGI tahun 2022 sebesar 19,0 persen.

Nana mengajak pejabat yang baru, segera melakukan langkah inovatif, untuk menurunkan angka kemiskinan ekstrem, stunting, dan angka pengangguran. Ia meminta mereka mengoptimalkan  inovasi, untuk mewujudkan pelayanan publik yang mudah, murah, cepat, transparan, dan akuntabel.

Selain itu, Nana meminta pemanfaatan teknologi informasi dan Mal Pelayanan Publik (MPP) secara optimal, untuk mendukung kinerja pemerintahan dan pelayanan publik.

“Bagi pejabat yang baru segera beradaptasi, pelajari karakteristik wilayah, dan lakukan langkah prioritas dari pusat yang harus segera dilakukan, terkait kemiskinan, stunting dan pengangguran, serta sukseskan pemilu sejuk, damai, dan kondusif,” ujarnya.

Terkait stunting, Nana menginstruksikan beberapa hal. Di antaranya, edukasi terkait usia perkawinan, mendorong pasangan usia subur menggunakan kontrasepsi, dan mengoptimalkan fungsi Posyandu maupun Bina Keluarga Balita (BKB).

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Dodo Datang ke Pasar Bulawang yang ada di Kota Malang

Di samping itu, Nana mengajak untuk mendeteksi dini stunting dan penyakit penyerta pada bayi baru lahir,  pemberian makanan tambahan bergizi dari pangan lokal, serta memaksimalkan kinerja Tim Pendamping Keluarga dan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS).