Cerita Sejarah di Balik Kecantikan Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta adalah penanda batas utara kota tua Yogya. Tugu Yogya bukanlah tugu sembarangan. Tapi tugu Togya ini adalah tugu yang memiliki mitos yang bersejarah dan sejuta misteri di dalamnya, sehingga menjadi salah satu keistimewaan yang dimiliki kota Yogyakarta.

Tugu ini sekarang menjadi salah satu objek pariwisata Yogya, dan awalnya mempunyai nama Tugu Golong Gilig dan sekarang dikenal juga dengan istilah “tugu pal putih” (pal artinya tugu), karena warna cat yang digunakan sejak duu adalah warna putih. Tugu pal ini berbentuk bulat panang dengan bola kecil dan ujung yang runcing di bagian atasnya

Tugu Yogya dibangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengku Buwonoi I, pendiri kraton Yogyakarta yang memiliki nilai simbolis dan merupakan garis yang bersifat magis menghubungkan Laut Selatan, Kraton Yogya dan Gunung Merapi.

Pada masa awal berdiri, bangunan ini secara tegas menggambarkan Manunggaling Kawula Gusti, semangat oersatuan rakyat dan penguasa untuk melawan penjajahan. Semangat persatuan atau yang disebut golong gilig itu tergambar jelas pada bangunan tugu, tiangnya berbentuk gilig (silinder) dan puncaknya berbentuk golong (bulat) hingga akhirnya dinamakan Tugu Golong Gilig.

BACA JUGA :  Intip Gaji Megawati di Liga Korea Selatan, Fantastis Sentuh Miliaran Rupiah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *