Bangun Sinergi Ciptakan Perayaan Nataru Aman dan Nyaman

“Pergerakan masyarakat kurang lebih sekitar 13 juta, karena Jawa Tengah ini merupakan sentral dari pada pergerakan masyarakat ini. Beberapa tempat lain yang perlu menjadi pengamanan dari TNI-Polri dan pemprov, adalah lokasi wisata dan tempat perbelanjaan,” kata Nana.

Ketiga, inflasi serta perubahan musim. Inflasi perlu dijaga stabilitasnya terutama terkait komoditas pangan yang menjadi faktor penunjang naiknya nilai inflasi.

Memasuki musim penghujan, curah hujan yang diprediksi akan terus meningkat, sehingga perlu diwaspadai. Sebab potensi bencana alam bisa saja terjadi, seperti tanah longsor, banjir, dan sebagainya.

Sementara itu, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, Operasi Lilin Candi akan dilaksankan selama 12 hari. Dimulai 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.

Polda Jateng mengerahkan 15.270 personel gabungan TNI-Polri dan stakeholder lain, yang diterjunkan dalam operasi ini. Operasi Lilin Candi tersebar di 279 Pospam, Posyan, dan Pos Terpadu.

Luthfi menambahkan, polisi juga akan melakukan pengamanan pada 3.537 gereja di Jawa Tengah. Mulai dari pendirian pos pengamanan (Pospam) di gereja, pengamanan dengan cara mobiling, serta kolaborasi atau kerja sama dengan organisasi dan instansi terkait.

“Untuk tol kita juga sudah siapkan tim urai (kemacetan) di masing-masing Polres. Jalur Pantura juga sudah disiapkan tim dari Polres masing-masing, termasuk menyiapkan jalur alternatif, begitu juga Jalur Selatan Selatan,” ungkap Lutfhi. (Humas Jateng)

BACA JUGA :  Pemprov Jateng Antisipasi Rabies pada 226 Anjing Selundupan dari Jabar